Ditulis pada 25 January 2017 , oleh admin

Visi Program Studi

“Pada tahun 2025 menjadi program studi yang menghasilkan Sarjana Teknik Sipil yang kompeten, terampil dan inovatif dalam rekayasa ketekniksipilan”

Misi Program Studi :

  1. Menyelenggarakan program pendidikan teknik sipil yang mampu menghasilkan sarjana teknik yang menguasai konsep teoritis dan keterampilan dan inovatif dalam rekayasa ketekniksipilan.
  2. Menyediakan fasilitas dan layanan program pendidikan yang sangat mendukung proses belajar mengajar yang efektif dan efisien.
  3. Menerapkan sistem penjaminan mutu pendidikan dan menciptakan suasana akademik yang kondusif.
  4. Menghasilkan produk/layanan penelitian yang dapat meningkatkan perkembangan iptek, industri jasa konstruksi, dan infrastruktur publik.
  5. Memberikan pelayanan kepakaran dan keilmuan bagi industri maupun institusi lainnya secara bertanggung-jawab dan profesional dalam program pengabdian kepada masyarakat secara bekelanjutan.
  6. Menyelenggarakan kegiatan keislaman dan kemuhammadiyahan kepada mahasiswa Teknik Sipil untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.
  7. Membangun kerjasama dengan berbagai pihak/lembaga untuk mendukung pelaksanaan Caturdharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah.

Tujuan

1.   Tujuan Tahap Pertama (Periode 2012-2015)

a.     Menjadi program studi yang memiliki kemampuan untuk mengenali, mengkaji, dan melakukan pendekatan dan penalaran ilmu ketekniksipilan secara komprehensif berbasis kepakarannya serta mencari pemecahan masalah pada pembangunan infrastruktur secara efektif dan efisien

b.     Mempunyai sumber daya manusia (dosen) yang berkualitas dan mempunyai kompetensi yang tinggi dalam pembelajaran, penelitian, dan pengabdian.

c.      Membentuk sumber daya insani (lulusan) yang memiliki kompetensi dan keahlian teknis yang mendalam, profesional di bidang keahliannya, dan mampu mengembangkan keilmuannya secara mandiri.

d.     Mengupayakan integrasi materi kuliah dengan teknologi terkini, meningkatkan kualitas proses belajar-mengajar, dan pembinaan suasana akademik yang kondusif.

e.     Mengembangkan penyediaan sarana dan prasarana yang lebih memadai, baik secara kuantitas maupun kualitas, dalam dalam upaya penguatan pelayanan akademik dan non akademik.

f.       Melaksanakan kegiatan yang mendukung terciptanya produk-produk yang bermutu (aspek pendidikan, riset, dan pengabdian kepada masyarakat) dan pembinaan hubungan dengan mitra kerja.

g.     Perluasan akses dunia kerja dan pembinaan alumni.

2.     Tujuan Tahap Kedua (Periode 2016-2020)

a.      Terwujudnya kemandirian mahasiswa dalam mengembangkan ilmu pengetahuan  rekayasa keteknik sipilan dan kewirausahaan

b.     Meningkatkan mutu pelayanan pendidikan yang memuaskan bagi stakeholder internal dan eksternal sesuai dengan standar nasional pendidikan tinggi.

c.      Meningkatkan kualitas input mahasiswa baru, lulusan, dan tercapainya ketepatan waktu studi melalui pembinaan kemahasiswaan.

d.     Meningkatkan jumlah dosen yang bergelar doktor dalam rangka meningkatkan kualitas proses belajar-mengajar.

e.     Meningkatkan relevansi kompetensi dosen dalam mengajar.

f.       Penilaian kinerja dosen sesuai dengan standar minimal mengajar.

g.     Mengembangkan infrastruktur dan sistem informasi. Mengembangkan riset dan pengabdian pada masyarakat melalui pemanfaatan peluang kompetisi terbuka, mandiri, dan publikatif.

h.     Meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian dan karya ilmiah yang diakui secara nasional dan internasional.

3.     Tujuan Tahap Ketiga (Periode 2021-2025)

a.     Mewujudkan keunggulan program studi Teknik Sipil UMPurworejo di bidang kebencanaan dan sumber daya air.

b.     Membentuk jaringan kerjasama lokal, regional, dan nasional.

c.      Meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian dan karya ilmiah yang diakui secara nasional dan internasional.